Senin, 14 Mei 2012

Prosesi Detik-detik Waisak Berlangsung Khidmat




Ribuan umat Buddha dari dalam dan luar negeri dating ke candi Mendut untuk mengikuti prosesi detik-detik Waisak 2556 BE/2012 yang merupakan salah satu acara puncak gelaran Tri Suci Waisak yang berlangsung di Candi Mendut dan Candi Borobudur (6/5). 

Perayaan waisak tahun ini bertema “Meningkatkan Metta dan Karuna (Cinta dan Welas Asih). Pada acara ini hadir juga Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo yang memberi sambutan sebelum prosesi detik-detik waisak dimulai. Prosesi detik-detik Waisak ini dilaksanakan pada jam 10.34.49 WIB yang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali oleh Bhikku Wongsin Labhiko Mahathera.

Ketua DPP Walubi Ibu Dra S. Hartati mengatakan setelah prosesi ini akan dilanjutkan dengan upacara berjalan menuju Candi Borobudur dan berakhir malam ini di Candi Borobudur. “Nanti jam 1 siang kita kan berangkat ke Borobudur dan malamnya dilanjutkan ritual Pradaksina dan pelepasan lampion.” Ungkapnya. Sebelumnya prosesi Tri Suci Waisak dimulai dengan ritual pengambilan air suci Jumprit di Temanggung dan pada hari berikutnya dilakukan ritual penyalaan obor dari api abadi Mrapen yang nantinya keduanya air suci dan obor akan disimpan di Candi Mendut.(Rizal A)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More