Senin, 14 Mei 2012

Mangkunegaran Performing Art Kembali Ramaikan Solo

Tari Beksan Puspito Retno


Sabtu (12/05/2012), Solo kembali menggelar pertunjukan seni bertajuk Mangkunegaran Performing Art. Pagelaran seni budaya yang diadakan oleh Pemerintah Kota Solo bekerja sama dengan Puro Mangkunegaran Surakarta sudah menginjak kali ke empat dalam penyelenggaraannya.

Acara ini sendiri berlangsung pada 11-12 Mei 2012 di Pendapa Puro Mangkunegaran Surakarta yang menampilkan berbagai macam seni budaya yang berasal dari Mangkunegaran sendiri dan juga dipentaskan oleh pelaku seni dari Puro Mangkunegaran.

Menurut Pengageng Rekso Budoyo Puro Mangkunegaran, Gusti Pangeran Haryo Herwasto Kusumo, Mangkunegaran Performing Art ini bertujuan selain melestarikan budaya bangsa juga bertujuan untuk mengenalkan seni budaya yang dimiliki oleh Puro Mangkunegaran kepada masyarakat di sekitar Solo. GPH Haryo Herwasto juga menambahkan
acara yang dicetuskan oleh Walikota Solo, Joko Widodo ini diadakan selama dua hari karena banyak seni budaya dari Puro Mangkunegaran yang berdurasi lama. Sehingga untuk menghindari kejenuhan pertunjukan tersebut di gelar selama dua hari.

Hari pertama Mangkunegaran Performing Art menampilkam Tari Gambyong Retno Kusumo yang dibawakan oleh ASGA Surakarta, Tari Beksan Golek Montro yang dibawakan oleh Langenprojo Puro Mangkunegaran, Tari Beksan Wireng Bandabaya yang dibawakan oleh ASGA Surakarta, Tari Beksan Srikandi Larasati yang dibawakan oleh Langenprojo Puro Mangkunegaran, dan Tari Beksan Wiropratomo yang dibawakan oleh Langenprojo Puro Mangkunegaran. Hari kedua menampilkan Tari Panembromo, Tari Beksan Puspito Retno, Tari Beksan Jaranan, Tari Beksan Manipuri, Tari Beksan Karno Tanding, dan Tari Garapan Kembang Ngargoyoso yang semuanya dibawakan oleh Sanggar Tari Soerya Soemirat. (Fatan Audi Havip)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More